5 Daftar Bahan Seragam Kerja yang Mudah Perawatannya

by -226 Views

Seragam kerja merupakan identitas yang penting bagi setiap institusi atau perusahaan. Selain memberikan kesan profesional, seragam kerja juga menjadi cerminan dari nilai-nilai dan citra perusahaan. Dalam pemilihan seragam kerja, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan adalah bahan seragam itu sendiri. 

Untuk mendapatkan bahan seragam yang bagus, Anda bisa bisa mendapatkannya di Toko Kain Surabaya. Bahan seragam yang mudah perawatannya, efisien, dan tahan lama sangat diinginkan karena akan mengurangi biaya dan memperpanjang umur pakai seragam. Artikel ini akan membahas beberapa bahan seragam kerja yang memenuhi kriteria tersebut.

1. Polyester

Polyester adalah bahan seragam kerja yang populer karena sifatnya yang mudah perawatan dan daya tahannya yang tinggi. Bahan ini tidak mudah kusut, sehingga tidak memerlukan setrika yang sering. Selain itu, polyester juga tahan terhadap noda dan tidak mudah rusak akibat gesekan atau pemakaian rutin. Seragam kerja dari polyester umumnya cukup tahan lama dan tampilannya tetap rapi sepanjang waktu.

2. Katun/Polykatun

Katun adalah bahan alami yang nyaman digunakan dan memiliki daya serap yang baik. Namun, bahan seragam kerja dari katun cenderung lebih mudah kusut dan memerlukan lebih banyak perawatan. Untuk mengatasi hal ini, seragam kerja seringkali dikombinasikan dengan polyester untuk menciptakan bahan polykatun. Bahan polykatun memanfaatkan kelebihan keduanya, yaitu nyaman seperti katun dan tahan lama seperti polyester. Seragam kerja dari polykatun menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan seragam dengan perawatan yang lebih mudah dan tampilan yang awet.

3. Serat Bambu

Serat bambu merupakan bahan seragam kerja yang ramah lingkungan dan memiliki daya tahannya yang baik. Bambu memiliki sifat antibakteri alami, sehingga seragam kerja dari serat bambu cenderung lebih tahan terhadap bau tidak sedap dan noda yang sulit dihilangkan. Selain itu, serat bambu juga menyerap kelembaban dengan baik, sehingga seragam akan tetap kering dan nyaman di segala situasi.

4. Wool (Wol)

Wol adalah bahan seragam kerja yang sangat tahan lama dan tampilannya terlihat elegan. Bahan ini memiliki daya tahan yang tinggi terhadap kerutan dan juga memiliki kemampuan isolasi termal yang baik, sehingga seragam kerja dari wool cocok untuk berbagai kondisi cuaca. Meskipun wool memerlukan perawatan khusus, seperti pembersihan kering, investasi dalam seragam kerja dari bahan ini akan memberikan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

5. Twill

Twill adalah jenis kain yang memiliki tekstur diagonal pada permukaannya. Bahan ini populer dalam seragam kerja karena tampilannya yang rapi dan daya tahannya yang baik. Twill cenderung tidak mudah kusut dan tidak mudah terlihat kusut, sehingga seragam kerja akan tetap tampak segar sepanjang hari.